Empat Titik Parkir Disiagakan Antisipasi Lonjakan Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

- 13 April 2024, 15:08 WIB
Sejumlah kendaraan roda empat mengantre masuk ke kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, pada saat arus balik atau H+3 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Sabtu, 13 April 2024./ANTARA/Aloysius Lewokeda
Sejumlah kendaraan roda empat mengantre masuk ke kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, pada saat arus balik atau H+3 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Sabtu, 13 April 2024./ANTARA/Aloysius Lewokeda /

LAMPUNG INSIDER - Kepolisan Daerah Lampung menyiagakan empat titik area parkir khusus untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Empat buffer zone atau central parkir kami siagakan di jalur lintas tengah lintas timur (yang menuju Pelabuhan Bakauheni," kata Kepala Kepolisian Daerah Lampung Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika kepada wartawan usai menggelar rapat koordinasi bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu, 13 April 2024.

Ia menjelaskan langkah itu disiapkan sebagai langkah sistem tunda (delaying system) yang akan dijalankan apabila terjadi kepadatan kendaraan pada puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

Selain buffer zone, Polda juga menyediakan lima titik rest area yang tersebar pada jalur menuju pelabuhan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Ia menjelaskan, daya tampung pada rest area yang disiagakan mencapai 1.200 unit kendaraan, sedangkan buffer zone dapat menampung 360 unit kendaraan.

"Sehingga kalau dijumlahkan maka terdapat 1.560 kendaraan yang bisa kami belokkan ke tempat-tempat tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, apabila pada puncak arus balik, antrean kendaraan semakin panjang hingga 4 kilometer dari gerbang pelabuhan, maka buffer zone dan rest area langsung diaktifkan.

Ia mengatakan, ada juga beberapa tempat alternatif lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, namun ia berharap tidak perlu digunakan karena arus balik kendaraan bergerak dengan lancar.

Sementara itu, ASDP melaporkan jumlah kendaraan roda 2 (R2) dan roda 4 (R4) saat arus balik di lintas Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Merak, Banten, pada 12 April mulai melonjak hingga di atas 50 persen.

Halaman:

Editor: Iskak Susanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah