Memastikan Penerima Subsidi: Panduan Cek Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP

- 27 Mei 2024, 11:10 WIB
/

LAMPUNG INSIDER- Seiring dengan peneguhan kebijakan pembelian elpiji 3 kg dengan menggunakan KTP, masyarakat diharapkan memahami cara cek penerima subsidi elpiji 3 kg.

Tanggal 31 Mei 2024 menjadi tonggak penting dimana setiap pembelian elpiji 3 kg harus disertai dengan identitas KTP. Kebijakan ini telah diumumkan oleh pemerintah melalui Pertamina, sebagai langkah untuk memastikan distribusi subsidi elpiji yang lebih tepat sasaran.

Bagi masyarakat yang memenuhi syarat sebagai penerima subsidi elpiji 3 kg, langkah pertama yang harus diambil adalah mendaftarkan diri menggunakan KTP mereka.

Proses membeli elpiji 3 kg dengan KTP melibatkan beberapa tahapan yang perlu dipahami dengan baik oleh masyarakat:

Akses Website Pertamina: Langkah pertama adalah mengakses situs resmi Pertamina di subsiditepat.mypertamina.id/LPG/CekNIK. Di sana, masukkan nomor NIK KTP untuk memeriksa status sebagai penerima subsidi.

Verifikasi Informasi: Setelah memasukkan nomor NIK, informasi tentang status sebagai penerima subsidi akan ditampilkan. Jika nama Anda terdaftar, Anda dapat melanjutkan untuk melakukan pembelian.

Pendaftaran Langsung di Pangkalan: Jika data belum terdaftar, masyarakat diminta untuk melakukan pendaftaran secara langsung di pangkalan resmi elpiji 3 kg. Pastikan untuk membawa KTP dan KK saat mengunjungi pangkalan.

Input Data Pembeli oleh Petugas Pangkalan: Di pangkalan, petugas akan membantu Anda untuk mendaftarkan diri. Data yang diperlukan akan dimasukkan sehingga Anda dapat memperoleh akses untuk membeli elpiji 3 kg.

Pembelian dengan KTP: Setelah terdaftar dalam sistem, masyarakat dapat melakukan pembelian elpiji 3 kg hanya dengan menunjukkan KTP mereka.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah