Larangan Membeli Elpiji Subsidi 3 Kg: Inilah 8 Jenis Usaha yang Harus Dipatuhi

- 27 Mei 2024, 11:40 WIB
/

LAMPUNG INSIDER- Pertamina telah menegaskan dalam ketentuan resminya bahwa ada 8 jenis usaha yang dilarang membeli elpiji subsidi 3 kg. Hal ini diatur secara tegas dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor B-2461/MG.05/DJM/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 25 Maret 2022.

Aturan ini bukanlah sekadar regulasi biasa, melainkan langkah strategis untuk memastikan bahwa subsidi elpiji 3 kg benar-benar sampai kepada mereka yang membutuhkan, seperti petani, nelayan, usaha mikro, dan rumah tangga.

Sanksi hukum menanti bagi masyarakat atau usaha yang melanggar aturan ini. Tujuannya jelas: mengalokasikan sumber daya yang terbatas dengan lebih efisien, sehingga bantuan subsidi dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi sektor-sektor yang membutuhkan.

Berikut adalah 8 jenis usaha yang tidak diperbolehkan membeli elpiji subsidi 3 kg, sebagaimana tercantum dalam aturan Pertamina:

Restoran: Tempat makan yang menyajikan hidangan kepada pelanggan.

Hotel: Penginapan komersial bagi para tamu yang datang dari berbagai tempat.

Usaha Peternakan: Kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan hewan ternak.

Usaha Pertanian (di luar ketentuan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2019 dan yang belum dikonversi): Aktivitas yang terkait dengan penanaman dan pemeliharaan tanaman pangan dan hortikultura.

Usaha Tani Tembakau: Kegiatan yang terlibat dalam budidaya tanaman tembakau.

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah