Revolusi Keuangan: Fintech Mengubah Paradigma Transaksi

- 27 Mei 2024, 14:40 WIB
/

 

LAMPUNG INSIDER- Teknologi telah membawa perubahan tak terelakkan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia keuangan. Melangkah jauh dari uang kertas dan logam yang kita kenal, era baru telah tiba dengan kemunculan Fintech, sebuah revolusi dalam transaksi keuangan.

Aman dan Praktis

Transaksi tanpa uang tunai bukan lagi hal yang asing. Fintech membawa era baru keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Dengan hanya melalui platform atau aplikasi khusus, aktivitas keuangan menjadi lebih mudah tanpa perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar yang berisiko terhadap kejahatan.

Definisi Fintech

Fintech, singkatan dari Financial Technology, adalah pionir dalam arus lalu lintas transaksi keuangan. Ini mencakup berbagai sistem, produk, dan bisnis jasa keuangan yang memungkinkan transaksi online atau tanpa uang tunai.

Pandangan Dunia dan Lokal

Dunia menaruh perhatian besar pada Fintech, menganggapnya sebagai inovasi teknologi yang melampaui batas industri keuangan konvensional. Di Indonesia, Bank Indonesia juga mengakui peran pentingnya, menyebutnya sebagai sektor baru yang inovatif.

Pesatnya Pertumbuhan di Indonesia

Di Indonesia, pertumbuhan Fintech begitu pesat. Dari aplikasi pinjaman online hingga platform pembayaran, industri ini telah menarik minat banyak pihak, termasuk bank-bank konvensional yang melihatnya sebagai integrasi ke depan dalam perkembangan zaman.

Peraturan dan Regulasi

Halaman:

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah