IMLF-2 Gelar Seminar International di Batusangkar, Sejumlah Pembicara Luar Negeri Dihadirkan

- 15 April 2024, 18:40 WIB
Ketua Panitia Lokal Merry Metria Eliza, menyebutkan, seminar internasional ini merupakan kesempatan bagi peserta berbagi ilmu
Ketua Panitia Lokal Merry Metria Eliza, menyebutkan, seminar internasional ini merupakan kesempatan bagi peserta berbagi ilmu /ist

LAMPUNG INSIDER – Sejumlah pembicara dari luar negeri tampil sebagai narasumber pada seminar internasional Cultural Literacy for Peace and Prosperity bertemakan Culture Literacy Through  Education yang digelar di gedung Nasional Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Jumat 10 Mei 2024 mendatang. 

Seminar tersebut rangkaian kegiatan International Minangkabau Literacy Festival kedua (IMLF-2) yang diselenggarakan SatuPena Sumatera Barat.

Ketua Panitia Lokal Merry Metria Eliza, menyebutkan, seminar internasional ini merupakan kesempatan bagi peserta berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dari narasumber yang berasal dari beberapa Negara. 

Sebagai warga dunia yang saat ini semakin berkembang sudah seyogianya kita membuka mata dan mendapatkan ilmu dengan mengikuti kegiatan ini.

“IMLF-2 yang diikuti delegasi dari belasan Negara sengaja kita adakan di Tanah Datar agar dapat memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada stakeholder masyarakat menjadi peserta sekaligus mengenalkan daerah kita sebagai pusat peradaban Minangkabau,” kata Merry, Senin 15 April 2024.

Dikatakan Merry, diantara narasumber yang bakal tampil adalah  Vadim Terekhin (Russia),  Francisco Munoz Soler (Spain),  Bang Ai Tho  (Vietnam),  Bengt Berg  (Sweden),  Dr. Norzuraina binti mohd Nor (Malaysia),  dan dari Indonesia antara lain Prof. Haris Effendi Thahar (Guru besar UNP),  Prof. Fasli Djalal (mantan Wamen Diknas),  dan Sri Yulianti, MPd, BGP. Sedangkan moderator Dr. Hasanuddin (Universitas Andalas) dan Shirley Idris dari Malaysia. 

“Kami mengundang para guru SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah, perangkat pemerintahan nagari dan masyarakat umum untuk mengikuti seminar ini. Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak masyarakat Kabupaten Tanah Datar, terutama stakeholder untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan internasional langsung dari pemikir/pembicara negara lain tersebut. Karena  saat ini dunia semakin mengglobal di era digital, sehingga wawasan internasional dan globalisasi semakin penting,” kata Merry, guru Penggerak di Kabupaten Tanah Datar. 

Menurut dia, selain seminar internasional, juga digelar berbagai pertunjukkan kesenian dan bazar di lapangan Cinduamato pada Jumat – Minggu (10-12/5/2024). 

Sementara Ketua Panitia IMLF-2 Sastri Bakry menambahkan, pelaksanaan IMLF-2 merupakan kegiatan IMLF yang kedua kalinya. Tahun 2023 lalu, dipusatkan di PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi di Baso yang berlangsung sukses dan meriah. 

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah