Pesona Pantai Batu Hiu: Tanah Lot-nya Jawa

- 26 Mei 2024, 13:17 WIB
/

LAMPUNG INSIDER  - Pantai Batu Hiu, sebuah surga tersembunyi di Tanah Pasundan, Jawa Barat, menawarkan keindahan yang memukau dan kisah mistis yang menarik. Dijuluki sebagai "Tanah Lot-nya Jawa Barat", pantai ini memukau pengunjung dengan pemandangan yang nyaris menyerupai keajaiban alam Tanah Lot di Bali, lengkap dengan batu raksasa yang menyerupai sosok hiu.

Deburan ombak yang kuat, ciri khas pantai utara, memukul dinding-dinding karang menjulang di tepi Pantai Batu Hiu, menciptakan pemandangan yang eksotis dan menakjubkan.

Di puncak tebing, gazebo-gazebo menawarkan tempat istirahat yang sempurna sambil menikmati panorama laut yang luas, menyegarkan pikiran dan mengusir rasa penat.

Keberadaan pantai ini juga diperkaya dengan legenda masa lampau. Kisah tentang Ki Braja Lintang, yang mengubah seekor hiu menjadi batu karang raksasa, menjadi cikal bakal nama Pantai Batu Hiu.

Batu karang hitam yang menyerupai hiu masih dapat ditemukan di pantai ini, meskipun telah terkikis oleh ombak laut yang ganas. Dan pintu masuk menuju pantai yang berbentuk mulut hiu menambah kesan mistis bagi para pengunjung.

Tak hanya keindahan alamnya, Pantai Batu Hiu juga menyimpan goa keramat yang konon terhubung dengan Pantai Utara di Cirebon, menciptakan aura misteri yang mengundang pengunjung untuk menjelajah.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati keunikan struktur ornamen batuan karang yang terbentuk secara alami, menambah pesona alam Pantai Batu Hiu yang memukau.

Tak hanya sebagai destinasi wisata, Pantai Batu Hiu juga menjadi kawasan konservasi penyu hijau. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan penyu-penyu ini, bahkan ikut serta dalam pelepasan tukik ke laut lepas pada musim tertentu, menyaksikan awal perjalanan hidup para penyu ke alam bebas yang luas.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah