Prabowo-Gibran, Jokowi, dan Golkar: Tiga Pemenang Pemilu 2024

- 5 Maret 2024, 09:16 WIB
Denny JA., konsultan politik
Denny JA., konsultan politik //ist

LAMPUNG INSIDER – Konsultan politik, Denny JA., mengungkapkan bahwa tiga pemenang Pemilu 2024 adalah Prabowo-Gibran, Jokowi, dan Partai Golkar.

Denny JA., adalah konsultan politik yang cukup berpengaruh selama 5 kali pemilu di Indonesia. Ia urai daam tulisan panjang yang diterima Selasa 5 Maret 2024 pagi.

Sebelumnya, ada kata kunci: Golkar dan PSI.berebut “efek Jokowi”? Berikut pemikiran pendiri LSI Denny JA.

Kita harus membedakan "efek Jokowi" pada capres dan pada partai. Mengapa? Pada capres,  efek Jokowi ini akhirnya hanya dimonopoli oleh Prabowo-Gibran saja.

Penambahan suara Prabowo-Gibran pun juga sebagian karena migrasi dan eksodus besar-besaran  pemilih Jokowi dari Ganjar Pranowo akibat blunder fatal kubu  Ganjar sendiri.

"Jokowi's effect" ini berbeda di dunia partai dalam pemilu legislatif. Untuk dunia partai yang bertarung ada Gerindra, Golkar, PAN, dan juga PSI. Semua partai ini memainkan efek Jokowi.

Golkar misalnya membuat iklan yang besar dan masif berkisar asosiasi tentang Golkar-Jokowi dan Jokowi-Golkar. Iklan ini diulang-ulang menjelang hari pemilihan 14 Februari 2024. Hasilnya: efek Jokowi kepada Golkar naiknya sangat terasa. 

Hal yang sama juga dengan PAN. Partai ini juga mengasosiasikan diri kuat sekali dengan Jokowi. Bahkan ketika bagi-bagi bansos pun, dinyatakan: "Ini bansos dari Jokowi, ya. Jangan lupa.”

PSI sendiri suaranya juga naik  jika dibandingkan dengan Pileg 2019. Tapi memang naiknya dukungan pada PSI tidak signifikan ke angka melampaui 4%, untuk lolos parliamentary threshold.

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x