Pilkada 2024, KPU Lamsel Bakal Rekrut Ulang PPK & PPS

- 21 April 2024, 22:35 WIB
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Selatan bakal melakukan rekrutmen ulang terhadap petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilkada 2024.
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Selatan bakal melakukan rekrutmen ulang terhadap petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilkada 2024. /Hidayat/

LAMPUNG INSIDER – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Selatan bakal melakukan rekrutmen ulang terhadap petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilkada 2024. 

“Rekrutmen itu akan dilaksanakan pada akhir April hingga awal Mei 2024,” kata Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lamsel Didi Irsan, Minggu 21 April 2024.

Rekrutmen dan pembentukan badan adhoc untuk Pilkada 2024, lanjut Didi, dilakukan metode seleksi terbuka, arahan ini disampaikan Ketua KPU RI saat membuka acara Rakor evaluasi pembentukan badan adhoc.

Didi Irsan menjelaskan, rekrutmen bakal dilakukan dengan sejumlah tahapan. Mulai dari pengumuman hingga pelantikan. Sedangkan untuk tahap pendaftaran wajib melalui sistem teknologi informasi yang berbasis web, yaitu Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc atau disingkat SIAKBA.

"Tahapan pendaftaran akan dimulai dengan pengumuman, pendaftaran, perpanjangan pendaftaran, penelitian administrasi, pengumuman hasil administrasi, seleksi tertulis, pengumuman hasil seleksi tertulis, tanggapan masyarakat, wawancara, pengumuman hasil seleksi, penetapan dan pelantikan," imbuhnya.

Pengumuman rekrutmen PPK akan dilaksanakan 23-27 April dan PPS 2-6 Mei. Hal itu sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 467 Tahun 2024.

"Untuk tahapan dan jadwal metode seleksi terbuka sesuai Keputusan KPU Nomor 476 tahun 2024, pengumuman pembentukan PPK akan dimulai 23-27 April 2024, sedangkan pengumuman pembentukan PPS mulai 2-6 Mei 2024," ujarnya.

"Sedangkan pelantikan akan dilakukan pada 15-16 Mei 2024. PPK dan PPS memiliki masa kerja selama 8 bulan atau hingga Januari 2025," sebutnya.

Menurut Didi Irsan, aturan terkait badan adhoc Pilkada 2024, telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota.

Halaman:

Editor: Isbedy Stiawan ZS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah