Politik Dinasti di Balik Majunya Adik dan Istri Agus Istiqlal di Pilkada Pesisir Barat 2024

- 18 Mei 2024, 13:11 WIB
/

LAMPUNG INSIDER - Suasana politik di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) semakin memanas dengan munculnya dua figur yang tidak asing lagi dalam kancah politik lokal. Adik dan istri dari Bupati Agus Istiqlal, Khoirul Muktar dan Septi Heri Agusnaeni Istiqlal, telah mengumumkan niat mereka untuk bertarung dalam Pilkada Pesibar 2024. Namun, pertanyaannya adalah, apakah majunya mereka ini hanya sekadar bagian dari upaya politik dinasti?

Khoirul Muktar, yang juga menjabat sebagai Ketua Demokrat Pesibar, secara terang-terangan menyatakan ambisinya untuk mencalonkan diri dalam Pilkada mendatang. Sedangkan di sisi lain, Septi Heri Agusnaeni Istiqlal, istri dari Agus Istiqlal, juga telah lama mempersiapkan diri untuk melangkah menggantikan suaminya.

Tentu saja, keputusan keduanya ini tidak luput dari sorotan tajam masyarakat Pesibar. Banyak yang menyebutkan bahwa majunya Khoirul dan Septi ini mencerminkan dominasi politik keluarga Agus Istiqlal di daerah tersebut. Pertanyaan pun muncul, apakah benar di Pesibar tidak ada figur lain yang pantas memimpin kecuali keluarga Istiqlal?

Namun, tidak semua sepakat dengan dominasi keluarga Istiqlal. Sejumlah kandidat lain juga telah muncul di panggung politik, siap menantang kekuatan politik yang sudah mapan. Mantan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesibar, Lingga Kusuma, menjadi salah satu dari mereka yang dianggap mampu mengimbangi pengaruh keluarga Istiqlal.

Selain itu, ada juga figur politik muda yang mulai mendapatkan perhatian, seperti Dedi Irawan. Dukungan dari kalangan remaja dan milenial membawa angin segar bagi kandidat yang dianggap sebagai representasi generasi baru dalam politik Pesibar.

Namun demikian, tantangan yang dihadapi oleh para penantang tidaklah mudah. Tingginya tingkat elektabilitas Khoirul dan Septi menjadi hambatan tersendiri bagi mereka yang berusaha merebut kekuasaan dari tangan keluarga Istiqlal. Namun, dengan semangat dan dukungan yang kuat dari masyarakat, siapa pun dapat menjadi kejutan dalam gelaran Pilkada Pesibar 2024 mendatang.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah