NasDem dan PKS Jajaki Kemungkinan Koalisi Permanen dalam Pilkada Serentak di 7 Kabupaten/Kota di Lampung

- 20 Mei 2024, 15:03 WIB
/

LAMPUNG INSIDER- Partai NasDem dan PKS sedang menjajaki kemungkinan untuk membentuk koalisi permanen dalam pelaksanaan pilkada serentak di 7 Kabupaten/Kota di Lampung.

Selain membicarakan kemungkinan koalisi dalam Pilgub Lampung, kedua partai ini juga tengah serius menjajaki proses koalisi untuk pilkada di tujuh kabupaten/kota.

Kabupaten/kota yang menjadi fokus koalisi ini mencakup Lamsel, Bandar Lampung, Metro, Lamtim, Mesuji, Pesibar, dan Pringsewu.

Paket koalisi akan disusun berdasarkan perolehan kursi di masing-masing wilayah, dengan prinsip suara terbanyak.

NasDem dan PKS bersikap fleksibel dalam menentukan kandidat yang akan diusulkan, meskipun PKS tetap pada pendiriannya untuk mengusulkan kandidat internal, sedangkan NasDem membuka peluang bagi kandidat eksternal melalui rekomendasi partai.

Meskipun demikian, proses pembicaraan koalisi permanen antara NasDem dan PKS masih dalam tahap penjajakan. Dinamika politik di tujuh kabupaten/kota tersebut akan mempengaruhi kemungkinan hasil akhir.

Ada kemungkinan bahwa PKS akan mengulang model koalisi yang terbentuk saat pilpres sebelumnya, dengan bersanding bersama NasDem.

Ketua DPW NasDem Lampung, Herman HN, menyatakan bahwa pembahasan mengenai koalisi ini masih dalam tahap awal.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah