AWAS! Pilkada Jadi Ajang Cawe-Cawe Penguasa

- 20 Mei 2024, 15:23 WIB
/

LAMPUNG INSIDER- Banyak partai mengkhawatirkan Pilkada Serentak 2024 menjadi ajang cawe-cawe penguasa untuk memenangkan kandidat yang memiliki hubungan kekeluargaan dengan penguasa.

Contohnya, di Lamsel, jika Radityo Egi Pratama maju di Pilkada Lamsel, potensi sang mertua, Zulkifli Hasan, untuk melakukan cawe-cawe sangat mungkin terjadi.

Zulkifli Hasan saat ini masih menjabat sebagai Menteri Perdagangan aktif. Seperti pada pileg sebelumnya, Zulkifli Hasan bahkan terindikasi melakukan cawe-cawe dengan membagikan sembako kepada masyarakat dengan iming-iming memilih putrinya, Putri Zulkifli Hasan, sebagai Anggota DPR RI.

Begitu juga dengan Bobby Nasution, jika Walikota Medan ini maju di Pilgub Sumut, potensi Jokowi untuk melakukan cawe-cawe di Pilgub Sumut untuk memenangkan sang menantu juga sangat mungkin terjadi.

Potensi cawe-cawe penguasa di Pilkada Serentak 2024 ini bahkan disampaikan oleh PDIP yang menyebutnya bukan hanya sekedar indikasi, melainkan sudah terlihat jelas.

PDIP merujuk pada upaya cawe-cawe Jokowi yang berencana melanjutkan bansos hingga Desember 2024 sebagai salah satu bukti. Belum lagi saat Pilpres lalu, dimana Jokowi juga melakukan cawe-cawe untuk pasangan Prabowo-Gibran.

Karenanya, PDIP dan sejumlah partai lainnya mendesak KPU dan Bawaslu untuk bersikap tegas terhadap penguasa yang melakukan cawe-cawe politik di Pilkada 2024.

Apalagi selama ini, Bawaslu sebagai pengawas pemilu terkesan tidak menjalankan fungsi sebagaimana mestinya baik pada pileg maupun pilpres.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah