Khofifah-Emil Maju di Pilgub Jatim: Bagaimana dengan Jatah Menteri?

- 21 Mei 2024, 17:28 WIB
/

LAMPUNG INSIDER- Pasangan petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dipastikan akan maju kembali dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Kepastian ini memunculkan pertanyaan terkait kemungkinan jatah menteri bagi Khofifah dan Emil sebagai imbalan atas dukungan mereka kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres mendatang.

Pasangan Khofifah-Emil telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat, Golkar, dan PPP. Bahkan, ada indikasi bahwa mereka akan mendapatkan dukungan dari semua partai politik untuk mengamankan kemenangan di Pilgub Jatim 2024.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa rekomendasi dari Partai Gerindra juga akan jatuh kepada pasangan ini. Secara historis, Khofifah dan Emil memiliki peran signifikan dalam memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Jawa Timur. Dukungan ini menimbulkan spekulasi mengenai apakah mereka akan mendapatkan posisi menteri sebagai balasan atas dukungan politik tersebut.

Meskipun dukungan Khofifah untuk Prabowo baru diputuskan di detik-detik akhir, peran Emil dalam tim pemenangan sangatlah penting. Emil bukan hanya bagian dari tim inti, tetapi juga menjadi juru bicara pasangan Prabowo-Gibran.

Di sisi lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur telah menyiapkan kandidat untuk melawan pasangan petahana Khofifah-Emil. PKB, yang berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengusung Ketua Nahdlatul Ulama Jawa Timur, Marzuki Mustamar, sebagai calon gubernur.

Namun, hingga saat ini, baik PKB maupun PKS masih enggan mengungkapkan siapa yang akan menjadi pasangan Marzuki Mustamar dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah