Tiga Kelompok Besar Dominasi Pilwakot Sukabumi 2024

- 28 Mei 2024, 16:42 WIB
/

LAMPUNG INSIDER- Menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Sukabumi 2024, tiga kelompok besar muncul sebagai dominasi dalam kontestasi politik ini. Ketiga kelompok tersebut adalah Kelompok Politisi, Kelompok Pengusaha dan Wanita, serta Kelompok Aparatur Sipil Negara (ASN).

1. Kelompok Politisi
Kelompok politisi di Pilwakot Sukabumi 2024 dipimpin oleh nama-nama besar yang sudah tidak asing lagi di dunia politik lokal.

Achmad Fahmi: Mantan Wali Kota Sukabumi periode 2019-2023 dan Ketua Majelis Pengurus Daerah (MPD) PKS ini disebut sebagai calon terkuat.
Andri Hamami: Mantan Wakil Wali Kota di era kepemimpinan Achmad Fahmi. Awalnya dari Partai Demokrat, kini Andri memilih Golkar sebagai payung politiknya.
Mohamad Muraz: Mantan Wali Kota Sukabumi periode 2013-2018, namanya tetap kuat terdengar di kancah politik.
Selain mereka, ketua-ketua partai seperti Lutfi Achmad (Gerindra), Ade Wahyudin (Gelora), dan Ayep Zaki (Nasdem) juga berpeluang besar. Mereka aktif mendaftarkan diri ke berbagai partai seperti PDIP, PAN, PPP, dan Demokrat.

2. Kelompok Pengusaha dan Wanita
Kelompok ini juga menunjukkan pengaruh signifikan dalam Pilwakot 2024.

Nurul Zaman Hadi: Ketua KNPI yang aktif di berbagai kegiatan kepemudaan.
Raden Kusumo: Ketua Karang Taruna yang dikenal luas di masyarakat.
Idhan Rusmaindarsah Dwisya: Ketua PBSI Sukabumi yang juga turut meramaikan kontestasi.
Selain itu, sosok wanita seperti Sri Dewi Maharani juga masuk dalam radar Pilkada, menunjukkan bahwa Pilwakot kali ini akan semakin berwarna dengan kehadiran kandidat perempuan.

3. Kelompok ASN
Kelompok Aparatur Sipil Negara (ASN) juga tidak ketinggalan dalam persaingan Pilwakot Sukabumi 2024.

Dida Sembada: Sekretaris Daerah yang berpotensi kuat dengan latar belakang birokrasi yang solid.
Tejo Condro Nugroho: Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata yang juga memiliki peluang besar.
Dida Sembada dan Tejo Condro Nugroho mengikuti jejak para mantan wali kota seperti Mokh. Muslikh dan Mohamad Muraz, yang sebelumnya juga berasal dari birokrasi.

Dengan keberadaan tiga kelompok besar ini, Pilwakot Sukabumi 2024 diprediksi akan menjadi ajang kontestasi yang ketat dan menarik. Masyarakat akan melihat bagaimana para kandidat dari berbagai latar belakang bersaing untuk membawa perubahan dan kemajuan bagi Kota Sukabumi.***

Editor: Arief Mulyadin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah